Laman

Rabu, 29 Juni 2011

SEGENGGAM HARAPAN


SEGENGGAM HARAPAN

Oleh : Sry Fahmy Batubara as Shaff Ra Alisyahbana Dt Malako.

Kami masyarakat Ranah Nata yang disebut orang Pantai Barat Mandailing
( Pabarling ) mengacungkan “ Genggaman Tangan “ seraya mengucapkan
Selamat atas Pelantikan Pasangan Bapak Hidayat Batubara – Dahlan Hasan Nasution menjadi Bupati Mandailing Natal yang dilantik Plt Gubernur Sumatera Utara,Gatoto Pujo Nugroho pada tgl.28 Juni 2011 di Gedung Serba Guna Panyabungan berdasarkan SK Mendagri No.131.12.468 dan No.132.12.469 Tahun 2011. Selamat menjadi Bupati Madina semoga Madina memperoleh perbaikan, perobahan dan pembaharuan disegala bidang sehingga 
Madina benar-benar Madani yaitu Maju, Damai dan Harmoni.
Sesuai dengan pesan Plt Gubsu dimana langkah pertama tugas Bapak-bapak adalah masalah listrik dan kenyataan dihari pertama Bapak-bapak bertugas,

kami di Ranah Nata atau Pantai Barat Mandailing tidak menikmati 
aliran listrik alias padam hingga tulisan ini naik ke internet/bloger. 
Dalam hal ini bukan saja 61 desa yang belum menikmati aliran listrik, kamipun boleh dikatakan demkian juga, sebab listrik lebih banyak mati dari pada hidup 
dan jika hiduppun sering kurang arus (voltage).
Untuk itu “ Genggam Tangan “ yang kami acungkan berisi lima jari pengharapan yaitu Ibu Jari, Jari Telunjuk, Jari Tengah, Jari Manis dan Jari Kelingking yang terkandung dalam “ Genggaman Harapan “ sebagai berikut :

1.Harapan Ibu Jari ( Empu Tangan ) ;
Sebagaimana dari sebelumnya kami mengharapkan agar KABUPATEN RANAH NATA atau KABUPATEN PANTAI BARAT MANDAILING ( PABARLING ) segera terwujud sebagai Ibu Genggaman untuk RAKYAT BENAH NASIB & TAHTA ( RANAH NATA ) beribukotakan NATA selaku Kota Tertua dan Kota Bersejarah di Kabupaten Mandailing Natal. Inilah Ibu Pengharapan kami yang Utama sekali.

2.Harapan Jari Telunjuk ;
Sebelumnya kami Masyarakat Ranah Nata mengacungkan telunjuk untuk mengingatkan kepada Janji-janji Kampanye Bapak-bapak dengan keseharian ingat tasyahud, kiranya menjadikan Pemerintahan yang bersih dan berwibawa dan tidak adanya unsur KKN, sesuai dengan pesan Bapak Plt.Gubernur Sumatera Utara dan Bapanda Bapak pada waktu pelantikan.

3.Harapan Jari Tengah ;
Kiranya dalam kepemimpinan Bapak terwujud sebagai penengah atas pemerkosaan Tanah Ulayat Ranah Nata oleh beberapa Pengusaha atau Perusahaan yang telah menyawitkan lahan mata pencaharian sebagai penopang hidup dalam kehidupan beragama,berbangsa dan bernegara mereka, dimana hak rakyat untuk mendapatkan PESERTA PETANI PLASMA dapat terwujud sebagai “ Bunga “ atas pemakaian tanah adat/ulayat Ranah Nata khususnya sesuai dengan ketentuan Adat Istiadat Ranah Nata.

4.Harapan Jari Manis ;
Pada dekade sebelumnya, para tenaga pendidik dan tenaga pendidikan khususnya, baik dia sebagai Guru Honor Komite atau Tenaga Sukarela selalu menelan pil pahit dengan nasib terlunta-lunta untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) di Kabupaten Madina. Bayangkan saja untuk Tahun Anggaran 2011, honor yang sedikit baru diterima untuk bulan Januari – Maret 2011, sedangkan masa sudah menjelang bulan Juli 2011.
Dalam pelaksanaan penerimaan Calon Pegawai Negeri pada Kementrian Pendidikan Nasional, agar mereka diutamakan dijadikan sebagai CPNS, sebab mereka sudah mendarmabhaktikan tugas kependidikan beberapa tahun lamanya dan sebagian hanya mendapatkan NUPTK saja dan juga ada yang belum mendapatkan NUPTK mulai dari guru pada sekolah TK, SMP dan lainnya. Tahap demi tahap, berilah mereka air manis jadi CPNS sesuai dengan masa bakti mereka hingga terangkat keseluruhan.
Hindari penerimaan CPNS yang berdasarkan uang,sebab setelah jadi PNS mereka akan berancang-ancang dan melakukan bagaimana cara mendapatkan pengembalian uang lamaran mereka yang mengakibatkan tumbuh suburnya dan hidup berkembangnya KKN. Demikian juga halnya dalam menempatkan Kepala Unit Kerja tidak berdasarkan uang, sebab bila sudah menduduki jabatan pasti akan merekayasa laporan SPJ yang “ Berhasil dalam Laporan”.

5.Harapan Jari Kelingking ;
Jari kelingking yang biasanya menerima perhiasan jari seperti cincin, kiranya CINCIN PEMBANGUNAN dengan mendapat pembagian meneruskan pembangunan yang sedang berjalan saat sekarang ini. Juga di harapkan agar memperbaiki dan melaksanakan pembangunan disemua sektor terutama sarana perhubungan baik jalur Nata-Mandailing (NALIBANA > Nata-Linggabayu-Batangnata), Natal-Batahan (NASIB > Nata-Sinunukan-Batahan) dengan pembuatan jembatan diantara tiga tempat seperti ;
a.Jembatan ACEH – RAO yang menghubungkan Desa Setia Karya ( JAMBUOH RAO ) dengan Desa Pasar V Natal ( JAMBUOH ACEH).
b.Jembatan BATU PUDIENG yang menghubungkan Tapian Batu dengan Kampuong Pudieng.
c.Jembatan TANAH MALAKO yang menghubungkan Ujuong Tanah dengan Jirat Malako,tembuds ke Desa Sinunukan V.
dan jalur Nata-Singkuang (NATAS > Nata-Tabuyung-Singkuang). Juga dalam rangka mengatasi rawan bencana kiranya jaringan PLN jalur Natal Tabuyung Singkuang (NATAS) ke Tapanuli Selatan dapat dialihkan dari Natal Batang Natal. Sudah sama kita maklumi bersama bahwa untuk Ranah Nata atau Pabarling, PLN lebih banyak mati ketimbang hidup dan kalaupun hidup tidak dapat dipergunakan karena kurang arus (voltage).

Demikianlah se “ Genggam Harapan “ ini kami sampaikan dalam genggaman agungan atas Selamat Menjadi Kepala Daerah Kabupaten Mandailing Natal, semoga RANAH MADINA BENAR-BENAR MADANI, MAJU DAMAI & HARMONI.

RANAH NATA , 27 KANDUGHI KETEK 1432 h./29 JULI 2001 m.

Hormat kami : SRY FAHMY BATUBARA, SHAFF RA ALISYAHBANA DT.MALAKO & RIA SITTY CHANIAGO.

A. Shaffriachandranata@gmail.com > ( BLOGSPOT ) :

BADORANA NATA.com
BATU TUANKU NATA.com
BUKIK BANDERA NATA.com
DESIR NATA.com
MALAKO NATA.com
MUHAMMADIYAH NATA.com
MULTATULI NATA.com
SAIR NATA.com
SHAFF RIA NATA.com
SURAT NATA.com

B. Shaffraalisyahbana@yahoo.co.id > ( GRUP FACEBOOK ) :

AMBO BANGGA JADI URANG NATA.
BERNAS TUJUH BATU SIRAT MADINA.
BIJAKODAK SRY RECORD RANAH NATA.
CHINTO SEMBAGOES.
DUO RANAH SHAFF RIA RANAH NATA.
IKS BADORANA RANAH NATA.
KABA DI LAPAU SIMPANG.
LSM SATRIA PERKASA L.A.KAMPUG SAWAH
MALAKO MESIR MADINA.
MENCARI CARA MEMPROMOSIKAN KEINDAHAN KOTA NATA NAN RANCAK.
MUHAMMADIYAH RANAH NATA.
PESONA PARIWISATASIRAT MADINA SUTRA.
QURDIST SHAFF TELEDAKWAH.
SANGGAR CITRA KIRANA RANAH NATA.
TAMAN SI TIUOK 1886 DESIR PANTAI MESIR MADINA.
TP2 SAIR NATA SIRAT MADINA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar