Laman

Rabu, 18 Mei 2011

SANGGUO GADANG

SANGGUO GADANG
Mahkota Anak Daro di Ranah Nata
Oleh : Shaff Ra Alisyahbana Dt Malako.
Sangguo Gadang adalah sebuah mahkota bagi penganten perempuan ( Anak Daro ) di Ranah Nata. Didalam perhiasan ini terkandung tujuh sifat yang dilambangkan dengan tujuh tajuk/bagian, dimana ketujuh sifat itu harus dimiliki oleh seorang perempuan yang didalam adat istiadat Ranah Nata disebut “ Bundo Kanduong “ itu.
Adapun ketujuh sifat itu adalah sebagai berikut :

1.Limpapeh di rumah gadang.
Limpapeh adalah kupu-kupu besar. Jadi perempuan dibaratkan kupu-kupu penghuni rumah besar yaitu sebagai sokoguru dalam keluarga dan kefamilian. Perempuan adalah sebagai penghuni rumah tua yang akan diwarisinya.
2.Urun puro pamacik kunci.
Urun puro adalah merupakan celengan atau brand kas. Jadi perempuan itu adalah merupakan bendahara dalam keluarga dan pemegang kunci perbelanjaan rumah tangga. Setiap perempuan berumahtangga adalah Bendahara yang harus pandai mengatur uang keluar masuk dan tidak melaksanakan korupsi serta bersifat jujur.
3.Hiasan kampuong.
Perempuan adalah merupakan hiasan kampung. Jadi harus memenuhi persaratan sebagai hiasan dengan menjaga diri berperilaku yang baik,sopan dan beradab serta menjaga kehormatan diri dan keluarga.
4.Sumarak Nagari.
Untuk menyemarakkan negeri, kepribadian seorang wanita haruslah berbudi elok dan berperangai rancak, supaya indah dilihat orang. Keelokan perempuan akan mengharumkan negeri.
5.Pusek jalo himpunan tali.
Perempuan adalah suatu induk perinduan karena Ranah Nata memakai system maatriachat. Jadi ibu itu adalah pusat dan himpunan tali kekeluargaan dan kefamilian di dalam persukuan dan nagari.
6.Kok gadang basa batuah.
Kebesaran Nagari terletak kepada kaum perempuan sebab baiknya perempaun menggambarkan kebaikan negeri dan demikian sebaliknya.
7.Pandei ma atak ma etongkan.
Seorang yang telah bekeluarga merupakan calon Bundo Kanduong. Jadi harus mempunyai ketrampilan dan kepandaian untuk mengatur dan menghitung perbelanjaan rumah tangga yang diusahakan oleh sang suami agar rumah tangga tetap sakinah,rahmah dan yawaddah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar