Laman

Minggu, 06 Maret 2011

TARI BUNGKUY

TARIAN DAERAH PESISIR BARAT
( TADAH SIRAT )
Oleh : ﺻﻓﺭﺍ ﺍﻠﻳﺸﻬﺒﺂﻦ



TARI BUNGKUI :

Tari ini merupakan tarian pembukaan dalam acara Badendang yang diadakan pada malam awal Baralek dirumah pihak Marapuley dan malam sesudah Aqad Nikah dirumah Anakdaro.
Tarian melambang perjalanan Tendei Manendei atau Meminang terha dap seorang Gadih di Ranah Nata. Ada kalanya penari saling bertentangan,ada seiring sejalan,ada bergandengan yang melambang kan liku-liku pertemuan jodoh seorang Bujang dengan seorang Gadih.Tarian ini ada di Ranah Minang,Bengkulu dan Sulawesi (Bugis) yang bersifat perkenalan dan kegembiraan. Dendang dilagukan oleh orang lain ,sedangkan penari khusus menari saja.Bungkuy atau Saputangan adalah pelambang kenang-kenangan dalam percintaan dan sebagai alat pematas antara aurat perempuan dengan lelaki, sebab setiap pasangan penari bagaikan sepa sang muda mudi. Tapi adat melaksana kan, tarian dilaksanakan oleh kaum lelaki saja.


TARI BARAMPEK :
Tarian ini adalah pecahan dari tari delapan yaitu ditarikan oleh empat orang pena ri atau dua kelompok. Tarian ini berirama lagu Sempaya yang juga dipakai menjadi musik mengarak pengantin seperti Arak Pasumandan dan Arak Inei. Sekarang, tari ba rampek telah diselingi dengan lagu Balun-balun Bide, Tarian ini merupakan simbo lis kedua belah pihak yaitu pihak laki-laki (Marapuley) dan pihak perempuan( Anak daro ) di Ranah Nata


TARI PAYUONG :
Tarian ini melambangkan kasih sayang suami isteri dimana satu orang memakai payung dan selendang sebagai lambang kasih sayang dan perlindungan, sedangkan seorang lagi hanya memakai selendang saja. Para penari langsung mendendangkan pantunnya dengan berbalas pantun atau pantun berantai dan oleh sebab itu dinamakan Dendang Pesisir Pantun Berantai ( Desir Pantai ).
Tarian ini ada di Kalimantan,Sulawesi,Bengkulu dan Palembang.
Pantunnya bersifat khiasan,sebab para gadis dalam pingitan.

Payung dan Selendang adalah pelam bang kasih sayang dan perlindungan. Payung, disamping sebagai payung Anakdaro dan Pasumandan ,juga seba gai Peragat Kesenian Daerah dalam Tari Payung dan Tari Salendang. Suami isteri harus merajut dan merawat kasih sayang dan sang suami harus melin dungi isterinya.


TARI SALENDANG ATAU UNGKO BABA :

Tari Salendang ada di pesisir Ranah Minang,Palembang,Bengkulu dan Pulau-pulau yang melambangkan kasih sayang yang berasal dari tarian China (Baba) yang dilagukan berirama sedih (sentimental).

Bersambung Tadah Sirat 02

Tidak ada komentar:

Posting Komentar